BILLBOARD

posted in: Digital Printing | 0

Perkembangan teknologi ternyata juga diikuti oleh perkembangan pada jenis dan visual yang ditampilkan oleh papan reklame, reklame bukannya lagi hanya dalam pengertian sederhana seperti spanduk dan sejenisnya. Namun berkembang baik dalam ukuran maupun bentuk tampilan visualnya yang mengikuti kemajuan teknologi itu sendiri. Sebagai media iklan yang ditampilkan di area luar ruangan (outdoor advertising) memiliki berbagai macam tipe, bentuk yang jumlahnya sangat banyak dan beraneka ragam. Seperti : billboard advertising, baliho, megatron, videotron, neon box, pylon sign, spanduk, banner, dll.

Untuk artikel ini, kami akan membahas salah satu dari sekian outdoor advertising, yaitu Billboard.

Pengertian Billboard

adalah bentuk promosi iklan luar ruang (outdoor advertising) dan memiliki ukuran yang cukup besar. Dalam arti yang sebenarnya billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang cukup besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang. Billboard termasuk model reklame media luar ruang yang paling banyak digunakan. Perkembangannya pun cukup pesat. Sekarang di jaman era digital ini, billboard pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah istilah yang disebut dengan digital billboard. Ada juga mobile billboard yaitu billboard yang berjalan ke sana ke mari karena di-pasang pada kendaraan yang khususnya mobil (iklan berjalan). Pada perkembangannya Mobile billboard sendiri sekarang sudah ada yang digital mobile billboard.

Di Indonesia, billboard punya definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen. Jadi papan iklan di atas toko pun masuk kategori billboard.

billboard bandung
sangga buana raya advertising

Fungi Billboard

Fungsi dari billboard itu tersendiri yaitu:

  1. Billboard sebagai media promosi yang letaknya diluar ruang (outdoor advertising)
  2. Sebagai pengenal, pengingat, penguat suatu brand.
  3. Sebagai penampil informasi dalam sekejap mata, karena sering kali kita hanya melihat sekilas saat melewati billboard.
  4. Memberikan penekanan kepada orang yang melihat untuk mengetahui suatu produk
  5. Sebagai media informasi yang diperuntukkan masyarakat atau konsumen
  6. Memperlihatkan secara langsung atau tidak langsung objek yang akan di promosikan.
  7. Media promosi yang paling sering dipakai perusahaan besar
  8. Menaikkan penjualan “market”

Untuk melakukan pemasangan billboard pun tidak sembarangan asal pasang saja. Sekarang ini ada undang-undang yang mengatur tentang pemasangan outdoor advertising di setiap kota / provinsi. Untuk melihat sekilas syarat dan prosudernya bisa dilihat di website https://dpmptsp.bandung.go.id/izin/index.php/syarat_prosedur .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *