MENGENAL BEBERAPA JENIS BAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEDIA PROMOSI LUAR RUANG (OUT OF HOME) DENGAN MESIN DIGITAL PRINTING (PRINT OUTDOOR)

posted in: Digital Printing | 0

Mesin digital printing, biasanya digunakan untuk memproduksi (print) media promosi yang biasanya ditempatkan di media luar ruang seperti di jalan raya, halaman, stadion dan lain-lain atau orang biasa menyebut dengan istilah Media Out Of Home atau OOH. Yang termasuk dalam kategori Media OOH adalah Spanduk, Baliho, T-Banner, Billboard, Shopblind, Shopsign, Neonbox.

Untuk memproduksi material tersebut, diperlukan bahan-bahan yang sesuai dengan spesifikasi dan tujuan promosi. Berikut adalah Jenis-Jenis bahan tersebut antara lain:

  1. Flexy China
Flexy China

Jenis bahan ini ber-texture kasar dengan berserat agak besar. Gramasi nya pun bermacam-macam Mulai dari 240 gr, 250 gr, 260 gr, 270 gr, 280 gr, 290 gr, 300 gr dan 340 gr. Khusus untuk 340 gr orang biasa menyebut dengan bahan Korcin (Korea China) atau sebutan bahan china yang mempunyai ketebalan mirip dengan bahan Korea.

Di Indonesia sendiri, penggunaannya pun di bagi beberapa kelompok sesuai kebutuhan :

  • Low cost : biasanya menggunakan 240 gr / 250 gr. Ini banyak digunakan untuk printing spanduk/banner yang bersifat jangka pendek dan massal, biasanya untuk kebutuhan kampanye partai karna harganya murah meskipun bahannya terbilang tipis. Bahan ini tidak dianjurkan untuk Baliho, karna rawan sekali sobek.
  • Midle cost : biasanya menggunakan 280 gr. Bahan ini cocok digunakan untuk Baliho, backdrop atau spanduk non partai, karna hasil nya lebih bagus dan lebih tebal.
  • High cost : biasanya menggunakan 340 g. bahan ini cocok digunakan Billboard, neonbox , Xbanner, Wallpaper dll. Bahan ini masih dikategorikan yang terbaik di kelasnya namun, budget masih dikategorikan cukup murah bila dibandingkan dengan bahan korea dan relative awet karena cukup tebal.

2. Flexy Korea

Flexy Korea

Dari segi kualitas jenis bahan flexy ini lebih baik dari flexi china, selain teksturnya yang halus, sehingga dapat menghasilkan kualitas hasil cetak yang baik. bahan ini memiliki ketebalan yang cukup baik dan cocok untuk digunakan media promosi outdoor yang bersifat jangka panjang. Bahan baku jenis ini umumnya dipakai untuk mencetak Billboard,  X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner, Backwall maupun Wallpaper. Bahan jenis ini seratnya agak kasar agak tebal dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). gramasi yang umum dipakai 340 gr, 440 gr, dan 550 gr.

3. Flexy Jerman

Flexy Jerman

Jenis bahan ini memiliki kualitas diatas flexi china dan korea, karena ketebalan bahan yang sangat baik dan daya serap tinta yang  sangat baik sehingga akan mempengaruhi kualitas hasil printingan.

Karna harganya yang lumayan mahal di bandingkan dengan Bahan Korea dan China, bahan ini banyak di aplikasikan untuk media promosi Indoor. Meskipun demikian, beberapa brand multinational tetap menggunakan bahan ini untuk menjaga hasil dan brand image karna hasil kualitas printingannya akan sangat maksimal.

Semua Bahan-bahan tersebut ukurannya biasanya mengikuti mesin yang ada di Indonesia. Yang paling banyak ukurannya adalah 50×320 cm, 100x320cm. Adapun untuk ukuran 500x500cm ada, hanya saja masih jarang. Karena kebanyak ukuran media promosi masih bisa di handle dengan mesin dengan lebar 320cm.

Jenis Bahan untuk Media promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *